Inovasi Pembelajaran “Membuat Poster Dengan Tema Hari Kemerdekaan” Oleh Mitra Paradiba, S.Pd. Guru PPKn SMP Negeri 1 Wonomulyo

Proses Pembelajaran di Kelas: Membuat Poster Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Pembelajaran tematik di sekolah menjadi sarana penting untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan kreativitas siswa. Salah satu kegiatan yang menarik dan bermakna adalah membuat poster dengan tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini tidak hanya melatih keterampilan seni dan kreativitas siswa, tetapi juga memperkuat semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

Tujuan Pembelajaran

Kegiatan membuat poster bertema Hari Kemerdekaan bertujuan untuk:

  • Mengenalkan makna dan sejarah kemerdekaan Indonesia.
  • Menumbuhkan rasa nasionalisme dan kebanggaan terhadap bangsa.
  • Mengembangkan keterampilan menggambar, menulis, dan menyusun komposisi visual.
  • Melatih siswa bekerja sama dan mengekspresikan ide secara kreatif.

Langkah-Langkah Pembelajaran

  1.  Pembukaan Guru memulai pelajaran dengan berdiskusi tentang sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 1945. Siswa diajak mengingat pahlawan nasional dan makna kemerdekaan.
  2. Pengenalan Poster Guru menjelaskan apa itu poster, fungsi poster, dan ciri-ciri poster yang baik, terutama yang berkaitan dengan tema nasionalisme dan Hari Kemerdekaan.
  3. Perencanaan Poster Siswa diminta membuat rancangan awal (sketsa) poster mereka. Guru memberi contoh tema, seperti “Semangat Kemerdekaan”, “17 Agustus Hari Bersejarah”, atau “Cinta Tanah Air”.
  4. Pembuatan Poster Siswa mulai membuat poster mereka menggunakan alat dan bahan seperti kertas gambar, pensil warna, spidol, dan cat air. Guru membimbing siswa agar menampilkan pesan yang jelas, gambar yang menarik, serta warna yang sesuai dengan tema kemerdekaan.
  5.  Presentasi Hasil Karya Setelah selesai, beberapa siswa diminta mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas. Mereka menjelaskan makna gambar dan pesan yang ingin disampaikan melalui posternya.
  6. Refleksi dan Penilaian Guru dan siswa melakukan refleksi bersama mengenai proses pembelajaran. Poster dinilai berdasarkan kriteria kreativitas, kesesuaian tema, kerapian, dan pesan yang disampaikan.

Penutup

Kegiatan membuat poster Hari Kemerdekaan di kelas bukan sekadar latihan seni visual, tetapi juga menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai patriotisme kepada siswa sejak dini. Melalui karya kreatif, siswa belajar menghargai jasa para pahlawan dan pentingnya menjaga kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia.