Para siswa terlihat antusias dan penuh semangat saat mengikuti pembelajaran bertema “Mengurutkan Zat Cair Berdasarkan Massa Jenisnya” yang kali ini dikemas secara menarik menggunakan teknologi aplikasi interaktif.
Pembelajaran ini memanfaatkan media digital berupa simulasi interaktif yang memungkinkan siswa melakukan eksperimen secara virtual. Dengan fitur seret-lepas (drag and drop) pada aplikasi, siswa diminta menyusun berbagai zat cair seperti air, minyak goreng, sirup, dan alkohol berdasarkan perbedaan massa jenisnya.
“Melalui aplikasi ini, siswa terlebih dahulu menghitung besar massa jenis masing-masing zat cair kemudian mengurutkannya berdasarkan massa jenisnya. Hal ini membantu mereka memahami konsep secara lebih konkret meskipun tanpa praktik langsung di laboratorium,” ujar Ibu Ika Wiria Wulandari, guru IPA yang memandu kegiatan tersebut.
Selain meningkatkan pemahaman konsep, kegiatan ini juga mendorong siswa untuk berpikir kritis, berdiskusi aktif, dan menyimpulkan hasil pengamatan secara mandiri. Beberapa siswa bahkan tampak saling membantu memecahkan tantangan soal yang diberikan.
“Belajarnya seru, karena seperti main game tapi sambil belajar. Saya jadi lebih paham kenapa sirup bisa di bawah dan minyak di atas,” ungkap Sabrina, siswa kelas VII dengan wajah antusias.
Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran ini merupakan bagian dari upaya sekolah dalam mewujudkan pembelajaran bermakna. Dengan memadukan konsep sains dan teknologi, guru berharap siswa tidak hanya memahami materi, tetapi juga terlatih dalam keterampilan abad ke-21.