PEMBELAJARAN P5 SEMAKIN SERU DENGAN GAMES RANKING 1: STOP BULLYING SEJAK DINI!

Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menjadi ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan karakter, nilai-nilai kebajikan, dan keterampilan abad 21. Salah satu tema yang sangat relevan dengan kehidupan siswa saat ini adalah “Suara Demokrasi” atau “Bangunlah Jiwa dan Raganya”, dengan subtema Stop Bullying. Untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik dan bermakna, kami mengimplementasikan kegiatan edukatif berbasis permainan yaitu Games Ranking 1.

Apa Itu Games Ranking 1?

Games Ranking 1 merupakan permainan edukatif berbentuk kuis cepat dan kompetitif, di mana siswa diberikan pertanyaan seputar materi dan mereka menjawab secara serentak. Peserta yang salah menjawab harus keluar dari permainan, hingga tersisa satu “Ranking 1” atau juara utama. Kegiatan ini sangat populer dan menyenangkan bagi siswa karena menggabungkan unsur kompetisi, konsentrasi, dan kerja cepat.

Pelaksanaan Games Ranking 1: Stop Bullying

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menanamkan nilai-nilai anti perundungan sejak dini. Sebelum permainan dimulai, guru memberikan penjelasan singkat mengenai bullying, jenis-jenisnya (verbal, fisik, sosial, siber), dampaknya, serta cara mencegah dan mengatasinya. Setelah itu, permainan dimulai dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:

  1. Peserta Berdiri Bersama di Lapangan/Kelas
    Semua siswa berdiri dengan membawa papan tulis kecil atau kertas jawaban.

  2. Pertanyaan Diberikan oleh Guru Secara Langsung
    Pertanyaan seputar bullying, contoh kasus, tindakan pencegahan, dan nilai-nilai Pancasila.

  3. Siswa Menunjukkan Jawaban Serentak
    Siswa diberi waktu singkat menjawab, kemudian menunjukkan jawabannya bersama-sama.

  4. Salah Jawab = Gugur
    Siswa yang salah menjawab diarahkan duduk, hingga tersisa 1 orang juara “Ranking 1”.

  5. Refleksi dan Apresiasi
    Setelah permainan selesai, guru memimpin refleksi dan diskusi singkat tentang pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan bebas dari bullying.

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk penguatan pemahaman, tetapi juga sebagai strategi untuk:

  • Meningkatkan kesadaran siswa tentang bahaya bullying.

  • Melatih keberanian dan tanggung jawab dalam menyuarakan hal yang benar.

  • Menanamkan nilai empati, toleransi, dan persatuan.

  • Membangun suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna.

Respon Siswa dan Guru

Kegiatan ini disambut antusias oleh siswa. Mereka merasa lebih memahami jenis dan dampak bullying, serta cara menghadapinya. Selain itu, suasana belajar menjadi lebih hidup, kompetitif namun tetap edukatif. Guru pun merasakan bahwa pembelajaran P5 menjadi lebih efektif karena siswa mengalami langsung proses belajar yang kontekstual dan interaktif.

Penutup

Melalui Games Ranking 1, nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila seperti gotong royong, mandiri, dan berkebhinekaan global dapat ditanamkan dengan cara yang menyenangkan. Diharapkan, kegiatan semacam ini terus dilakukan untuk memperkuat karakter siswa dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, dan bebas bullying.